Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menyesuaikan Tampilan Folder dan Pustaka di Windows 10 dan 11

Anda mungkin membuat banyak folder di PC untuk menyimpan dan mengatur file. Atau mungkin Anda juga menggunakan Libraries untuk mengakses konten dan media dari berbagai drive.

Biasanya, Windows File Explorer secara otomatis mengatur template folder berdasarkan file dalam folder. Namun, Anda dapat memilih untuk menyesuaikan tampilan folder dan pustaka agar sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Baca terus untuk mengetahui caranya.


Lima Template Folder Default di Windows

Saat membuka folder di Windows Anda mungkin memperhatikan bahwa semua folder tidak tampak sama dan memiliki format yang berbeda. Windows memiliki lima templat folder yang mendefinisikan berbagai kategori: Item UmumDokumenFoto-fotoMusikdan Video. Lihatlah template di galeri di bawah ini. Ada empat yang ditampilkan karena Dokumen dan Item Umum memiliki format yang sama.

Windows secara otomatis menetapkan salah satu dari lima templat default ke folder dengan mendeteksi konten dan file di dalamnya. Misalnya, jika Windows menemukan bahwa file dalam folder adalah file musik, seperti file MP3, FLAC, dan WAV, dengan lagu, penyanyi, dan nama album, maka secara otomatis akan menerapkan template Musik ke folder. Templat Musik menampilkan konten di bawah Nama, Nomor, Judul, Artis yang Berkontribusi, dan Album.

Demikian pula, jika folder memiliki gambar, Windows akan menetapkan template Gambar untuk itu. Template Gambar menunjukkan gambar mini gambar dan folder dengan pratinjau gambar kecil.

Folder dengan banyak video akan diklasifikasikan sebagai folder Video dan menampilkan thumbnail file video.

Dan folder dengan dokumen Word, file PDF, dan dokumen lainnya akan memiliki template Dokumen. Folder Dokumen akan menampilkan konten di bawah Nama, Tanggal diubah, Jenis, dan Ukuran.

Ada juga template folder Item Umum, yaitu untuk folder yang berisi campuran berbagai jenis file—musik, video, dokumen, dan gambar. Meskipun jika folder tersebut memiliki sebagian besar file hanya dari satu jenis, Windows dapat menetapkannya sebagai templat dari file-file itu. Misalnya, folder mungkin memiliki file dari berbagai jenis, tetapi jika jumlah maksimum file adalah jpeg atau file gambar, itu akan muncul di bawah template Gambar di File Explorer.

Cara Menetapkan Template Folder dan Pustaka yang Sesuai dengan Kebutuhan Anda

Meskipun Windows menggunakan Penemuan Jenis Folder Otomatis untuk melakukan kustomisasi folder secara otomatis, Anda dapat memilih untuk menyesuaikan sendiri setiap folder dan template perpustakaan untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Misalkan Anda memiliki folder dengan file musik, tetapi Anda lebih suka menyesuaikannya di bawah template Video. Ini mungkin karena file musik mungkin memiliki gambar mini yang ingin Anda lihat. Atau mungkin Anda lebih menyukai template Video.

Demikian pula, mungkin ada folder foto keluarga atau liburan yang telah Anda edit. Anda mungkin ingin melihat tanggal saat setiap gambar dimodifikasi—yang dimungkinkan di templat Dokumen. Jadi Anda dapat menetapkan template Dokumen untuk mereka. Selain itu, Anda selalu dapat melihat pratinjau gambar di panel pratinjau File Explorer jika Anda telah menyiapkan pratinjau file.

Skenario lain bisa jadi Anda lebih suka melihat gambar atau video sebagai daftar daripada thumbnail, sehingga Anda dapat menyesuaikan folder tersebut. Pada tangkapan layar di bawah, Pustaka Video telah disesuaikan dengan template Dokumen.

Dengan cara ini, Anda dapat menyesuaikan folder dan pustaka Anda untuk berbagai tujuan. Jadi mari kita jelajahi langkah-langkah tentang bagaimana Anda bisa melakukannya.

Cara Mengubah Template Folder di Windows 10 dan 11

Anda dapat mengatur template khusus untuk folder dalam beberapa klik.

  1. Buka File Explorer dengan menekan Menang + E bersama.
  2. Klik kanan folder yang ingin Anda sesuaikan templatenya.
  3. Pilih Properti dari menu konteks.
  4. Klik pada Sesuaikan tab di Properti. Anda akan melihat Optimalkan folder ini untuk: teks dengan kategori saat ini dipilih dalam daftar drop-down di bawah ini.
  5. Klik pada panah bawah di daftar drop-down untuk membuka opsi berbagai template.
  6. Kemudian pilih template yang ingin Anda atur untuk folder: Item Umum, Dokumen, Foto-foto, Musik atau Video.
  7. Jika ada subfolder di dalam folder ini, Anda juga dapat mengatur template yang sama untuk semuanya dari sini. Cek saja Terapkan juga template ini ke semua subfolder kotak di bawah daftar drop-down.
  8. Terakhir, klik Berlaku di bagian bawah dan kemudian Oke.

Sekarang, buka folder itu lagi. Anda akan melihat bahwa isi folder telah diatur dan diformat sesuai template yang Anda pilih.

Cara lain untuk melakukan ini adalah dalam folder terbuka. Klik kanan pada ruang kosong di folder yang terbuka. Lalu pilih Properti dari menu konteks dan lanjutkan menyesuaikan template folder seperti dijelaskan di atas, dari langkah 4 dan seterusnya.

Pada folder yang terbuka, Anda akan dapat melihat perubahan template secara instan.

Anda dapat menyesuaikan template folder dengan cara ini untuk membuat komputasi lebih mudah dan paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu, untuk bekerja secara efisien dan menghemat waktu, Anda juga dapat membuat beberapa folder sekaligus di Windows. Dan kamu bisa konfigurasikan berbagai file dan pengaturan folder lebih lanjut melalui Opsi Folder pada Windows.

Cara Mengubah Template Perpustakaan di Windows 10 dan 11

Anda mungkin tahu bahwa perpustakaan adalah wadah virtual untuk konten Anda. Pustaka dapat berisi file dan folder yang disimpan di PC Anda atau di lokasi penyimpanan jarak jauh seperti hard drive eksternal yang terhubung ke jaringan Anda.

Membuka dan menggunakan perpustakaan sama seperti mengakses dan menggunakan folder di PC Anda. Secara default, enam perpustakaan berikut tersedia di Windows: Camera RollDokumenMusikFoto-fotoGambar Tersimpandan Video. Anda juga dapat dengan mudah mengatur templat yang disesuaikan untuk pustaka ini. Berikut caranya:

  1. Pada Windows 10, buka File Explorer dan klik pada Perpustakaan ikon di panel Navigasi kiri. Jika Anda tidak dapat melihat Perpustakaan, klik Melihat di Pita File Explorer. Kemudian klik panah bawah di Panel navigasi dan centang pada Tampilkan perpustakaan kotak.

    Pada Windows 11 juga, perpustakaan disembunyikan. Untuk melihatnya, buka Penjelajah Berkas lalu klik tiga titik pada menu bilah tugas. Pilih Pilihan dari menu konteks.

    Ini akan membuka Pilihan folder jendela. Sekarang, klik pada Melihat tab dan gulir ke bawah ke Panel navigasi bagian di bawah Pengaturan lanjutan. Kemudian cukup pilih Tampilkan perpustakaan dan klik Berlaku lalu Oke.

    Ikon Perpustakaan akan muncul di panel Navigasi dan enam perpustakaan default akan muncul di File Explorer.

  2. Klik kanan pustaka yang ingin Anda sesuaikan templatnya.
  3. Pilih Properti dari menu konteks.
  4. Klik pada Sesuaikan tab di Properti.
  5. Klik pada panah bawah dalam Optimalkan perpustakaan ini untuk: daftar drop-down untuk membuka opsi berbagai template.
  6. Kemudian pilih template yang ingin Anda atur untuk folder: Item Umum, Dokumen, Foto-foto, Musikatau Video.

Pada Windows 10, Anda dapat mengubah template perpustakaan terbuka dari pita File Explorer. Dibawah Mengelolaklik Alat Perpustakaan. Kemudian klik pada Optimalkan perpustakaan untuk panah bawah dan pilih salah satu dari lima templat: Item UmumDokumenFoto-fotoMusikatau Video.

Bekerja dan Bermain di Windows Jalanmu

Ada banyak cara untuk membuat Windows Anda sendiri dengan mempersonalisasi berbagai elemennya. Dan menyesuaikan folder dan perpustakaan dengan kebutuhan dan preferensi Anda adalah cara yang bagus untuk memulai. Anda akan menikmati kemudahan dan kenyamanan yang ditawarkan untuk mengelola dan mengatur file pekerjaan dan pribadi Anda.